Cefixime Trihydrate 200 mg: Obat Apa dan Manfaatnya

Posted on

Cefixime trihydrate 200 mg obat apa – Cefixime trihydrate 200 mg adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Ini adalah pilihan yang efektif dan aman untuk berbagai macam kondisi, mulai dari infeksi saluran kemih hingga infeksi pernapasan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang cefixime trihydrate 200 mg, termasuk kegunaannya, cara kerjanya, efek samping, dan pertimbangan penting lainnya.

Cefixime Trihydrate

Cefixime trihydrate adalah antibiotik sefalosporin generasi ketiga yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri.

Obat ini bekerja dengan menghambat sintesis dinding sel bakteri, sehingga menyebabkan kematian bakteri.

Klasifikasi Farmakologi, Cefixime trihydrate 200 mg obat apa

  • Kelas: Sefalosporin
  • Subkelas: Generasi Ketiga

Mekanisme Kerja

Cefixime trihydrate menghambat sintesis dinding sel bakteri dengan mengikat protein pengikat penisilin (PBP), enzim yang berperan dalam sintesis dinding sel bakteri.

Indikasi Medis Cefixime Trihydrate

Cefixime trihydrate adalah antibiotik yang digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Ini termasuk:

  • Infeksi saluran pernapasan atas, seperti bronkitis, pneumonia, dan tonsilitis.
  • Infeksi saluran kemih, seperti sistitis dan pielonefritis.
  • Infeksi kulit dan jaringan lunak, seperti selulitis dan abses.
  • Gonore yang tidak rumit.

Dosis dan Durasi Pengobatan

Dosis dan durasi pengobatan cefixime trihydrate bervariasi tergantung pada jenis infeksi dan tingkat keparahannya. Secara umum, dosis yang dianjurkan adalah:

  • Untuk infeksi saluran pernapasan atas:200 mg setiap 12 jam selama 7-10 hari.
  • Untuk infeksi saluran kemih:400 mg setiap 12 jam selama 7-10 hari.
  • Untuk infeksi kulit dan jaringan lunak:400 mg setiap 12 jam selama 7-14 hari.
  • Untuk gonore yang tidak rumit:Dosis tunggal 400 mg.

Penting untuk mengikuti petunjuk dokter tentang dosis dan durasi pengobatan. Mengonsumsi cefixime trihydrate lebih lama dari yang ditentukan dapat meningkatkan risiko efek samping.

Efek Samping dan Peringatan

Cefixime obat kapsul doktersehat clindamycin

Cefixime trihydrate umumnya ditoleransi dengan baik, tetapi seperti semua obat, dapat menyebabkan efek samping pada beberapa orang.

Efek Samping Umum

  • Diare
  • Mual
  • Sakit perut
  • Gas
  • Sakit kepala
  • Pusing

Efek Samping Serius

Efek samping serius jarang terjadi, tetapi dapat mencakup:

  • Reaksi alergi, seperti gatal-gatal, kesulitan bernapas, atau pembengkakan pada wajah atau tenggorokan
  • Kolitis pseudomembran, infeksi usus yang disebabkan oleh bakteri Clostridium difficile
  • Kerusakan hati
  • Kerusakan ginjal

Pemantauan dan Pengelolaan Efek Samping

Penting untuk memantau efek samping saat mengonsumsi cefixime trihydrate. Jika mengalami efek samping yang parah atau mengganggu, segera hentikan penggunaan dan konsultasikan dengan dokter.

Kontraindikasi dan Peringatan

Cefixime trihydrate tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap antibiotik sefalosporin. Selain itu, harus digunakan dengan hati-hati pada orang dengan riwayat penyakit ginjal atau hati.

Interaksi Obat: Cefixime Trihydrate 200 Mg Obat Apa

Cefixime trihydrate 200 mg obat apa

Cefixime trihydrate dapat berinteraksi dengan beberapa obat, mempengaruhi efektivitas dan keamanannya. Penting untuk menginformasikan dokter tentang semua obat yang Anda gunakan, termasuk obat resep, obat bebas, vitamin, dan suplemen herbal.

Berikut adalah beberapa potensi interaksi obat dengan cefixime trihydrate:

Antikoagulan

  • Warfarin: Cefixime trihydrate dapat meningkatkan efek antikoagulan warfarin, sehingga meningkatkan risiko perdarahan.

Diuretik

  • Furosemide: Cefixime trihydrate dapat mengurangi efek diuretik furosemide, sehingga menurunkan kemampuannya dalam membuang kelebihan cairan dari tubuh.

Probenesid

  • Probenesid: Probenesid dapat meningkatkan kadar cefixime trihydrate dalam darah, yang berpotensi meningkatkan risiko efek samping.

Metformin

  • Metformin: Cefixime trihydrate dapat meningkatkan kadar metformin dalam darah, yang dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah, dan diare.

Kontrasepsi Oral

  • Kontrasepsi oral: Cefixime trihydrate dapat mengganggu efektivitas kontrasepsi oral, sehingga meningkatkan risiko kehamilan.

Penting untuk mendiskusikan potensi interaksi obat dengan dokter Anda sebelum memulai pengobatan dengan cefixime trihydrate. Dokter dapat menyesuaikan dosis obat, merekomendasikan pemantauan yang lebih sering, atau meresepkan obat alternatif untuk meminimalkan risiko interaksi obat.

Farmakokinetika dan Farmakodinamika

Cefixime trihydrate 200 mg obat apa

Cefixime trihydrate adalah antibiotik generasi ketiga yang bekerja dengan menghambat sintesis dinding sel bakteri. Farmakokinetika dan farmakodinamikanya sangat penting untuk memahami penggunaan klinisnya secara efektif.

Penyerapan dan Distribusi

  • Cefixime diserap dengan baik setelah pemberian oral, dengan bioavailabilitas sekitar 40-50%.
  • Konsentrasi puncak plasma tercapai dalam 2-6 jam setelah pemberian.
  • Cefixime terdistribusi secara luas ke berbagai jaringan dan cairan tubuh, termasuk paru-paru, saluran kemih, dan cairan telinga tengah.

Metabolisme dan Ekskresi

  • Cefixime dimetabolisme secara minimal di hati.
  • Sekitar 50-60% dari dosis yang diberikan diekskresikan tidak berubah melalui urin dalam waktu 24 jam.
  • Ekskresi melalui feses minimal.

Hubungan Konsentrasi-Efek

Hubungan konsentrasi-efek cefixime mengikuti model pasca-antibiotik, di mana aktivitas bakterisidal maksimum terjadi ketika konsentrasi obat melebihi konsentrasi hambat minimum (MIC) organisme target.

Variabilitas Individu

Variabilitas individu dalam farmakokinetika cefixime dapat terjadi karena faktor-faktor seperti usia, fungsi ginjal, dan interaksi obat. Penyesuaian dosis mungkin diperlukan pada pasien dengan gangguan fungsi ginjal.

Penggunaan Klinis Khusus

Cefixime trihydrate lactic bacillus 10x10

Cefixime trihydrate umumnya digunakan untuk mengobati berbagai infeksi bakteri. Penggunaan pada populasi khusus perlu diperhatikan dengan cermat untuk memastikan keamanan dan efektivitas yang optimal.

Anak-anak

Cefixime trihydrate dapat digunakan pada anak-anak untuk mengobati infeksi bakteri tertentu. Dosis biasanya disesuaikan dengan berat badan anak. Pemantauan yang cermat terhadap efek samping, terutama gangguan pencernaan, sangat penting.

Lansia

Lansia mungkin lebih rentan terhadap efek samping cefixime trihydrate, terutama gangguan ginjal. Penyesuaian dosis mungkin diperlukan berdasarkan fungsi ginjal. Pemantauan kadar obat dalam darah dapat membantu memastikan keamanan dan efektivitas.

Pasien dengan Gangguan Ginjal

Cefixime trihydrate diekskresikan melalui ginjal. Pada pasien dengan gangguan ginjal, ekskresi obat dapat tertunda, yang menyebabkan penumpukan obat dalam tubuh. Penyesuaian dosis sangat penting untuk mencegah efek samping yang serius, seperti kejang.

Pertimbangan Penting

Trihydrate cefixime bacillus acid lactic alu

Penggunaan cefixime trihydrate harus dilakukan dengan hati-hati, dengan mempertimbangkan tindakan pencegahan berikut:

Pengujian Kepekaan dan Resistensi Antibiotik

Tes kepekaan antibiotik sangat penting untuk menentukan efektivitas cefixime trihydrate terhadap bakteri penyebab infeksi. Tes ini membantu mengidentifikasi strain bakteri yang resisten terhadap obat, memastikan pengobatan yang tepat dan efektif.

Penggunaan Antibiotik yang Tepat

Cefixime trihydrate harus digunakan hanya untuk pengobatan infeksi bakteri yang terbukti atau sangat dicurigai. Penggunaan yang tidak tepat atau berlebihan dapat meningkatkan risiko pengembangan resistensi bakteri.

Pencegahan Resistensi

Untuk mencegah resistensi bakteri, cefixime trihydrate harus digunakan sesuai dengan dosis dan durasi yang ditentukan. Pasien harus menyelesaikan seluruh pengobatan, bahkan jika gejala membaik, untuk mencegah kekambuhan infeksi dan pengembangan resistensi.

Pemungkas

Cefixime dexa kapsul medica obat ogb generik tokopedia

Secara keseluruhan, cefixime trihydrate 200 mg adalah antibiotik yang efektif dan aman untuk pengobatan berbagai infeksi bakteri. Dengan memahami kegunaannya, cara kerjanya, dan potensi efek sampingnya, Anda dapat membuat keputusan yang tepat tentang apakah obat ini tepat untuk Anda.

Tanya Jawab Umum

Apakah cefixime trihydrate 200 mg aman untuk anak-anak?

Ya, cefixime trihydrate 200 mg umumnya aman untuk anak-anak. Namun, dosis dan durasi pengobatan mungkin berbeda tergantung pada usia dan berat badan anak.

Apakah cefixime trihydrate 200 mg efektif untuk infeksi sinus?

Ya, cefixime trihydrate 200 mg dapat efektif untuk infeksi sinus yang disebabkan oleh bakteri. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa infeksi Anda disebabkan oleh bakteri dan bukan virus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *